Jumat, 01 Februari 2013

HABATUSSAUDA'

Dari `Aisyah radhiyallahu `anha, Rosululloh Sholallohu Alayhi Wasallam bersabda: ”Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini adalah obat dari segala penyakit, kecuali as-Saam”. Aku berkata (Perawi hadits ini, yakni Kholid bin Sa’ad): “apa itu as-Saam?” dijawab (yakni oleh Ibnu Abi Atiq): “Kematian”.
(HR. Bukhori)
A. Apa itu Habbatus Sauda?
Habbatus Sauda pertama ditemukan di daerah Tutankhamen, Mesir dan memiliki peranan penting dalam praktek kehidupan Mesir Kuno. Tanaman ini tumbuh liar di negara-negara Mediterania, termasuk Saudi, Afrika Utara dan sebagian Asia. Habbatus Sauda dikembangbiakkan di Mesir dan Siria.
Habbatus Sauda merupakan bunga fennel dari keluarga Ranunculaceae. Jenis Bunga Habbatus Sauda ada dua macam, satu berwarna ungu kebirubiruan dan lainnya putih. Pertumbuhan bunga terletak pada bagian cabang, sementara itu daunnya saling tumbuh berseberangan secara berpasangan. Daun dibagian bawah bentuknya kecil dan pendek, sedangkan daun bagian atas lebih panjang (6-10 cm). Batang bunga tersebut bisa mencapai ketinggian 12 -18 inchi.
Habbatus Sauda adalah tumbuhan biseksual artinya dapat mengembangbiakkan dirinya sendiri, buahnya berbentuk sebuah kapsul yang mengandung biji. Saat kapsul buah matang, ia akan membuka dan biji yang ada didalamnya akan mengudara dan berubah menjadi hitam, sehingga disebut Biji Hitam. Biji-biji Nigella Sativa ukurannya kecil dan pendek (panjang antara 1-3mm), hitam, berbentuk trigonal, memiliki rasa yang kuat dan pedas seperti lada.
Nama Habbatus Sauda berasal dari bahawa Arab yang berarti Biji Hitam. Dibeberapa negara dikenal dengan nama yang berbeda antara lain: Jintan Hitam (Indonesia), Fennel Flower (Inggris), Habat Et Baraka (Mesir), Nigella (Itali), Nigelle (Perancis), Nidella (Jerman), Black Cumin / Black Seed (Amerika), Black Caraway (Eropa) dan dalam bahasa ilmiah (Latin) disebut Nigella Sativa.
B. Kandungan Habbatus Sauda
Kandungan Nutrisi Habbatus Sauda membangunan sistem kekebalan tubuh sepanjang hari, dan menyediakan sumber yang optimal untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit.
Habbatus Sauda kaya akan kandungan Nutrisi Monosakarida (molekul gula tunggal) dalam bentuk glukosa rhamnose, xylose dan arabinose yang dengan mudah dapat diserap oleh tubuh sebagai sumber energi, juga mengandung non-starch polisakarida yang berfungsi sebagai sumber serat yang sangat berguna untuk diet.
Lima belas asam amino pembentuk protein, delapan diantaranya asam amino esensial/ asam lemak tak jenuh (unsaturated essential fatty acids, EFA), yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam pembentukan sel. Tubuh tidak dapat mensistensisnya/ menghasilkan EFA sendiri, sehingga perlu asupan dari luar yaitu dengan sumber utamanya ialah makanan yang memiliki kandungan Asal Lemak Esensial yang tinggi.
Kandungan Arginin didalamnya sangat penting untuk masa pertumbuhan.
Analisis kimia lanjutan menemukan bahwa ia mengangung Karotin, yang diubah menjadi Vitamin A oleh Liver.
Habbatus Sauda juga mengandung kalsium, zat besi, dsb.
Daftar dibawah ini menunjukkan komposisi biji dan minyak Habbatus Sauda dengan kandungan aktif, nutrisi dan lainnya sbb :
KOMPOSISI NUTRISI BIJI NIGELLA SATIVA
• Protein 21%
• Karbohidrat 35%
• Lemak 35-38%
KOMPOSISI MINYAK
• ESENSIAL (1,4%) MINYAK NIGELLA SATIVA
Carvone 21,1%, Alfa-PInene 7,4%, Sabinene 5,5%, Beta-Pinene 7,7%, P-Cymene 46,8%, Ohters 11,5%
• NUTRISI MINYAK NIGELLA SATIVA
Protein 208 ug/g; Thiamin 15 ug/g; Riboflavin 1 ug/g; Pyridoxine 5 ug/g; Niacin 57 ug/g; Folacin 610 IU/g; Calsium 1,859 mg/g; Iron 105 ug/g; Copper 18 ug/g; Zinc 60 ug/g; Phosphorus 5,265 mg/g
• ASAM LEMAK MINYAK NIGELLA SATIVA
Myristic Asam (C14:0) 0,5%; Palmitic Asam (C16:0) 13,7%; Palmitoleic Asam (C16:1) 0,1%; Stearic Asam (C18:0) 2,6%; Oleic Asam (C18:1) 23,7%; Linoleic Asam (C18:2) (Omega-6) 57,9%; Linelenic Asam (C18:3n-3 (Omega-3) 0,2%; Arachidic Asam (C20:0) 1,3%
• ASAM LEMAK JENUH DAN TAK JENUH MINYAK NIGELLA SATIVA
Saturated Acid 18,1 %; Monounsaturated Acids 23,8 %; Polyunsaturated Acids 58,1 %.
C. Penelitian dan Manfaat Habbatus Sauda.
Habbatus Sauda telah digunakan secara luas sebagai obat dari berjenis penyakit selama lebih dari 2000 tahun yang lalu.
Dioscoredes, ahli fisika Yunani di abad ke satu, melaporkan bahwa Habbatus Sauda dipakai untuk mengobati Sakit Kepala, Hidung tersumbat, sakit gigi, dan penyakit internis. Selain itu juga digunakan untuk membantu masa menstruasi dan meningkatkan produksi Air Susu Ibu.
Tokoh Muslim, Al Biruni (973-1048), yang menggabungkan obat-obatan leluhur India dan Cina menyebutkan bahwa Habbatus Sauda adalah sejenis biji-bijian yang digunakan sebagai bahan nutrisi di abad ke 10 dan 11 Masehi.
Dalam sistem pengobatan di Greco-Arab/Unani-Tibb, yang berasal dari Hippocrates, Galen dan Ibnu Sina, Habbatus Sauda merupakan penyembuh yang sangat bernilai dalam mengobati difungsi pencernaan dan hepatitis yang digambarkan sebagai stimulan untuk kondisi-kondisi berbeda, dan pereda demam tinggi.
Ibnu Sina (980-1037), dalam karya terbesarnya “The Canon of Medicine”, yang dianggap banyak orang sebagai buku paling terkenal di dunia kedokteran, baik di Timur atau di Barat, menyatakan Nigella Sativa bermanfaat “Menstimulasi energi di tubuh dan membantu penyembuhan dari kelelahan atau kurang semangat”.
Berbagai penelitian lain menemukan berbagai manfaat dari Habbatus Sauda, antara lain:
  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan Virus, Kuman dan Bakteri. Hasil Penelitian Dr. Ahmad Al Qadhy, 1986 dan laporan penelitian lainnya seperti tertera dalam Jurnal Farmasi Pakistan, 1992. Dr. Ahmad Al Qodhy dan rekan-rekannya melakukan penelitian di Amerika tentang pengaruh habatussauda terhadap sistem kekebalan tubuh (imuniti) manusia. Penelitian yang dilakukan dalam dua tahap itu menghasilkan kesimpulan pertama: Kelebihan prosentase The Helper T-Cell atas suppresor cells ts mencapai 55% dan ada sedikit kelebihan atas killer cell orcytoxic sebanyak 30%. “Karena itu, kami dapat menetapkan bahwa di dalam habatussauda terdapat kesembuhan untuk segala macam penyakit. Karena peranannya yang menguatkan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh, suatu sistem yang di dalamnya ada kesembuhan dari segala macam penyakit, yang bereaksi terhadap segala sebab yang menimbulkan penyakit, yang memiliki kemampuan awal untuk memberikan kesembuhan secara sempurna atau sebahagian di antaranya untuk menyembuhkan segala penyakit,” ungkap Al Qadhy.
  2. Mempertahankan tubuh dari serangan kanker dan HIV. Hasil penelitian Prof. G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich dan laporan terpisah dari penelitian tim Dr. Basil Ali, Universitas King Faisal, Arab Saudi, serta laporan penelitian Immono Biology Laboratory, California, AS. Laporan lain menyebutkan bahwa Habbatussauda dapat menghentikan pertumbuhan sel tumor.
  3. Meningkatkan fungsi otak. Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3), Habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habbatussauda juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.
  4. Menyembuhkan berbagai jenis penyakit pernafasan. Menyembuhkan penyakit asma bronchial, bronchitis, gampang lelah, batuk kronis dan penyakit pernafasan lainnya.
  5. Mengatasi gangguan tidur dan stress. Unsur Sapion terdapat pada Habbaussauda mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh, dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, menghilangkan stress, dan melancarkan air susu ibu (penelitian Potchestroom, 1989).
  6. Sebagai Anti Histamin & Anti Alergi. Berdasarkan penelitian Nirmal Chakravaty MD 1993, dan penelitian lain oleh Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich
  7. Mengobati reumatik, peradangan serta infeksi.
  8. Menghentikan dan menyembuhkan penyakit pilek.
  9. Jika digoreng & dibakar kemudian dicium terus-menerus dapat mengeliminasi gas (dalam) perut
  10. Membunuh cacing-cacing parasit jika dimakan sebelum makan pagi dan jika diletakkan di atas perut dari bagian luar sebagai aromaspa atau lulura
  11. Minyaknya bermanfaat untuk menyembuhkan gigitan ular, juga bengkak di dubur dan tahi lalat.
  12. Melancarkan haidh yang tersendat
  13. Jika dibalutkan, bermanfaat untuk menyembuhkan pusing yang parah.
  14. Apabila dimasak dengan cuka bersama kayu pinus dan kemudian dibuat untuk berkumur, maka hal itu akan menghilangkan sakit gigi yang disebabkan sensitifitas terhadap dingin.
  15. Jika diminum, biji ini akan melancarkan kencing, haidh dan ASI.
  16. Menyembuhkan gigitan Laba-laba.
  17. Bila dibakar, asapnya dapat mengusir serangga.
  18. Menghilangkan sendawa asam yang berasal dari dahak dan melancholia (gangguan yang disebabkan kesedihan yang terus-menerus/depresi sehingga merusak bagian empedu).
  19. Menghilangkan Kusta (lepra).
  20. Menghilangkan demam Quartan (yakni demam yang menyerang manusia selama sehari kemudian mereda selama 2 hari kemudian menyerang lagi ketika hari ke-4).
  21. Jika ditumbuk dan dibuat adonan dengan madu dan air hangat dapat menghancurkan batu yang muncul dalam ginjal dan kandung kemih serta sifat diuretic (memperlancar air seni).
  22. pabila digoreng dan dicium terus-menerus dan dicampur dengan cuka dapat menyembuhkan jerawat dan kudis serta menghilangkan peradangan yang lebih kronis dari jerawat (tumor).
  23. Jika digoreng tanpa minyak dan ditumbuk serta dicampur dengan minyak zaitun kemudian diteteskan ke dalam hidung 3 tetes akan menyembuhkan gejala pilek yang disertai bersin-bersin.
  24. Jika dibakar dan dicampur dengan lilin dan minyak inai/henna atau minyak bunga iris serta dibalurkan pada borok-borok/koreng yang keluar di betis setelah dibersihkan dengan cuka, maka akan dapat menghilangkannya.
  25. Bermanfaat untuk menyembuhkan bekas gigitan anjing (Rabies) dan aman dari kematian akibat rabies.
  26. Jika dihirup akan bermanfaat bagi hemiplegia (semiparalysis/lumpuh separuh).
  27. Jika enzoat (celak persia) dicampur dengan air & dibalurkan ke lingkaran dubur (lobang dubur/anus) dan juga diminum dengan dosis sekitar 25 gr akan menyembuhkan Bawasir.
  28. Jika disedot melalui hidung akan bermanfaat menghentikan air yang keluar pada mata.
  29. Jika 2 sdt habbatus sauda direbus dengan air 2 gelas lalu ditambah madu akan mendinginkan perut yang panas karena asam lambung.
INFO TAMBAHAN :
Habbatussauda yang beredar di pasaran ada 4 jenis.
1. Berbentuk biji. Berupa butiran-butiran kecil hitam, bentuknya seperti jintan atau wijen, mungkin itulah kenapa dinamai Jintan Hitam. Rasanya phit2 pedas sedikit baik digunakan untuk orang dewasa.
2. Berbentuk minyak. ini sangat baik untuk anak2 dan bayi yang belum bisa mengunyah biji aslinya. karena biji asli habbatuh sauda’ harus dikunyah sampai halus baru ditelan, kalau tidak halus maka biji ini tidak akan bisa di cerna oleh tubuh, karena saking kecilnya.
3. Berbentuk KAPSUL, untuk memudahkan kita menelannya bagi yang tidak tahan dengan rasanya yang pahit getir, terutama anak-anak.
4. Berbentuk tablet. Hampir sama dengan obat-obatan kimia yang ada di pasaran. Ini dibuat kemungkinan adanya kekhawatiran dengan banyak beredarnya selongsongan kapsul yang dibuat dari barang yang tidak halal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar