Minggu, 06 Januari 2013

MENGENAL POHON TIN
(POHON SYURGA)

Bismillah......
Pohon Tin adalah Pohon yang sangat layak menjadi incaran koleksi sekaligus untuk dibudidaya. Dalam Qur'an pohon ini disebutkan sebagai pohon yang diberkahi. Buah dan Daun Tin Memiliki Manfaat/Khasiat yang Sangat menakjubkan dalam Proses Penyembuhan Berbagai Jenis Penyakit. Buah dan Daun dari Pohon Tin ini sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Namun tahukah anda, bahwa khasiat DAUN TIN ini sudah dirasakan oleh nenek moyang kita dahulu ? 
Daun Tin bisa pula diolah dan  dijadikan teh kesehatan. Khasiatnya Luar biasa......

Pohon Tin adalah Pohon Syurga yg diturunkan oleh Allah Azza wa Jalla ke Bumi, Rasululloh Bersabda: Sekiranya aku katakan, sesungguhnya buah yang turun dari Syurga maka aku katakan:  Inilah Buahnya (Tiin), Sesungguhnya Buah Syurga Tiada Keraguannya. (Hadist Riyawat Abu Darda;Suyuti). Bahkan Allah Jalla wa ‘Alaa Bersumpah dengan Pohon Tin serta menjadikannya sebagai nama salah satu surat dalam al-Qur’an yaitu SURAT AT-TIIN.

Beberapa Manfaat Buah dan Daun Tin :
1. Kandungan Kalium, Omega 3 dan Omega 6 pada buah Tin membantu untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan Jantung koroner.
2. Buah Tin kaya serat makanan, yang membuat mereka sangat efektif untuk program penurunan berat badan( Obesitas) .
3. Bahkan daun dari tanaman Tin memiliki sifat penyembuhan. Rebusan daun pohon Tin dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin.
4.  Mengkonsumsi buah tin dengan rutin dapat membantu mengurangi risiko Kanker Payudara dan Kanker Kolon.
5. Kandungan Coumarin pada buah Tin , juga dapat mengurangi resiko Kanker Prostate.
6.  Kandungan Kalsium dan Kalium dalam buah Tin mencegah penipisan tulang (Osteoporosis) , dan membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang. Dalam 100 gram buah Tin mengandung 241mg Calsium , 2 X lebih tinggi dari kandungan Calsium pada susu( 118mg per 100 gram) .
7.  Tryptophan, dalam buah Tin, menginduksi tidur yang baik dan membantu menyingkirkan gangguan tidur seperti insomnia.
8.  Mengkonsumsi buah Tin mengurangi kelelahan , meningkatkan daya memori otak dan mencegah Anemia.
9.  Karena efek laksatif, mengkonsumsi buah ini sangat membantu untuk mengobati sembelit kronis.
10.Konsumsi harian buah Tin direndam ( 2-3 buah ) merupakan obat yang efektif untuk terapi penyembuhan wasir.
11.Serat larut yang terdapat pada buah TIN disebut Pektin, dalam buah Tin membantu dalam mengurangi kolesterol darah.
12.Bila diterapkan pada kulit, Tin dipanggang bisa menyembuhkan radang seperti abses dan bisul.
13.Karena kadar air yang tinggi, tumbukan buah Tin bertindak sebagai pembersih kulit yang sangat baik dan membantu dalam mencegah dan menyembuhkan jerawat.
14.Buah Tin kaya akan kalsium dan kalsium alternatif yang sangat baik untuk terapi pengobatan orang-orang yang alergi terhadap produk susu.
15.Buah Tin kaya akan Phenol dan Benzaldehid alami sebagai Zat Anti Tumor serta dapat membunuh Micro-organisme Pathogen, Jamur dan Virus dalam tubuh manusia.

Menurut dr Sidi Aritjahja, dokter sekaligus herbalis, di Yogyakarta, pemicu batu ginjal adalah konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam dan infeksi saluran kencing. Calculi alias batu adalah kristal keras kecil yang menggumpal di dalam cairan tubuh, seperti air kemih. Batu mengendap dalam ginjal dan saluran kemih. Jika batu keluar melalui saluran kemih, menimbulkan rasa sakit luar biasa. Bila dipaksakan bisa melukai saluran kemih sehingga urine berdarah.

Cara termudah untuk mencegahnya adalah dengan banyak minum air putih. Garam-garam pembentuk batu ginjal bisa terkikis dan tidak terjadi pengendapan sehingga garam bisa terbawa bersama urine. ‘Jangan hanya minum saat kita merasa haus. Haus sebenarnya tanda bahwa tubuh kita sudah mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi,’ kata dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu.

Mengapa daun tin ampuh mengatasi batu ginjal?
Menurut Sidi daun tin mengandung alkaloid dan saponin yang bermanfaat sebagai diuretik serta memperbaiki metabolisme protein dan lemak. Daun tanaman anggota famili Moraceae itu mengandung senyawa flavonoid terutama quecertin dan luteolin. Keduanya senyawa antiradang dan antioksidan. Khusus luteolin berkhasiat membantu proses metabolisme karbohidrat dan meningkatkan sistem imun.
Kandungan senyawa diuretik itulah yang membantu menggerus batu yang mengendap di saluran kemih dan ginjal sehingga bisa terbawa saat berurine. Sedangkan senyawa antiradang mengurangi rasa nyeri. Selain mengobati kencing batu, daun tin bisa memberikan kebugaran.
Dikutip dari Majalah Trubus


CARA MEMBUAT TEH DARI DAUN TIN
1. Petik daun Tin yang sudah cukup tua, kira2 daun ke-lima dan seterusnya dari pucuk.
2. Tiriskan getah yang masih terdapat pada daun Tin dengan cara senderkan daun dengan batang menghadap ke bawah sampai kurang lebih 1 jam di tempat teduh.
3. Jangan sampai getah yang menetes mengenai daun..
4. Cuci daun dengan air mengalir lalu tiriskan airnya.
5. Jemur daun di tempat yang terkena matahari full
6. Cek kondisi daun setelah di jemur selama 3 jam, jika sebagian besar sudah bisa diremas dan hancur. Potong tangkai daun sampai sebatas daun.
7. Jemur kembali sampai benar2 kering dan dapat di remas sampai hancur.
8. Setelah kering remas daun hingga hancur, buang urat daun yang tidak hancur..
9. Rebus daun Tin kering dengan air 2 gelas dan biarkan mendidih sampai air rebusan sisa tinggal 1 gelas.
10.Daun teh siap di konsumsi.

Semoga Uraian tersebut diatas dapat dijadikan acuan sekaligus pijakan dalam rangka Membantu tahapan dalam proses penyembuhan terhadap sebuah penyakit yang sedang diderita.
Jazakumullohu Khoiron wa Barokallohu fikum....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar