Senin, 07 Januari 2013

Pohon dan Buah Tin 
Kenapa sih, kok dinamakan Buah Surga ?
Rasulullah bersabda :
“Jika engkau berkata ada buah yang diturunkan dari surga, maka aku bisa katakan, inilah buahnya, karena sesungguhnya buahnya tanpa biji. Oleh karena itu makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok”.
Ukurannya sebesar apa ?
Bermacam-macam, ada yang sebesar telur ayam atau bola pimpong kalau sudah matang.
Varitasnya apa saja ?
Bermacam-macam juga, ada Negronne, Calimyrna, Black mission, Purple Jordan, Red California, Red Israel, Brown Turkey, Syrian, Abicou, Tenna, dan lain-lain. Yang sudah masuk Indonesia sejak 5 tahun yang lalu ada sekitar 55 macam / varitas.
Warnanya apa ?
Bermacam-macam, seperti surga yang berwarna-warni, ada yang hitam, merah, ungu, kuning, kehijauan, stripe, coklat dll.
Bentuk buahnya bagaimana ?
Bermacam macam, ada yang seperti buah pir, ada yang agak gepeng, ada yang seperti bawang, ada yang lonjong, dan lain-lain.
Kalau bentuk daunnya, seperti apa ?
Bermacam-macam, ada yang berjari 5 ada yang berjari 3 seperti daun pepaya. Ada yang lebar, sedang dan ada yang kecil. Misalnya untuk jenis Negronne, berjari 5 dan kecil. Sedangkan daun Panache, lebar.
Rasanya bagaimana ?
Bermacam-macam juga, sesuai varitasnya : ada yang manis sekali, ada yang seperti madu, ada yang manis legit, ada yang tidak begitu manis, ada yang berair ada juga yang tidak. Buah tin juga disukai burung pemakan buah, seperti burung jalak, burung trucuk, gentilang, podang dll. Yang jelas, tidak ada rasa lain kecuali manis seperti saya..hehe (maaf cuma bercanda)
Ngak apa-apa, anda memang manis sekali, seperti kelinciku..hehe. Lalu, Cara makannya Bagaimana ya ?
Bermacam-macam, ada yang dipetik langsung dimakan nyam..nyam..nyam…sampai habis tanpa sisa, termasuk bijinya yang sangat kecil dan lembut, sedangkan kulitnya sangat tipis, lebih tipis dari pada plastik tas kresek. Ada yang dikeringkan, ada yang dibuat manisan dan selai, ada yang dibuat campuran masakan dan kue, es, dan lain-lain.
Bisa ditanam dimana ?
Bermacam-macam juga, ada yang langsung ditanam di tanah, di kebun atau sawah, di dataran rendah atau tinggi, di desa bisa di kota juga bisa karena tidak makan tempat, di pot besar dan kecil sama-saja tetap mudah berbuah.
Khasiatnya apa ?
Bermacam-macam. Meskipun buahnya manis, tetapi bisa mengobati diabites, bisa mengobati wasir dan encok, bisa untuk diet karena kaya serat, Buah tin juga berkalsium tinggi, yang baik untuk oestoporosis. Daunnya juga baik untuk mengobati gangguan ginjal. Umat Muslim di Inggris lebih suka makan buah Tin kering waktu berbuka puasa, karena kandungan nutrisinya yang luar biasa.
Bisa dijumpai di negara mana saja ?
Bermacam-macam juga, buah tin tidak hanya tumbuh di Arab dan Jordania, tetapi juga tumbuh seluruh dunia. Konon, katanya, awalnya dibawa oleh Nabi Adam. dari surga, kemudian ditanam di dekat Jabal Rahmah tempat pertemuannya dengan Siti Hawa, lalu daun-daunnya yang lebar dipakai untuk baju penutup aurat. Kemudian pohon tin menyebar keseluruh dunia, di Itali, Amerika, Perancis, Australia, Jepang, dll. Indonesia termasuk paling akhir masuknya pohon tin.
Bunganya bagaimana? Pasti macam-macam juga ya ?
He..he, yang ini tidak macam-macam. Tidak ada bunga, langsung tumbuh buah dari atas tangkai daun.
Cara menanamnya ?
Mudah sekali, tidak mudah mati, kalau ditanam di Indonesia, bisa lebih baik, karena tanahnya lebih subur dan kaya dengan sinar matahari, dan berbuah terus tidak mengenal musim. Cuma, kalau musim hujan, manisnya berkurang, seperti buah-buah lainnya.
Wah, Menarik Sekali. Harga bibitnya berapa ya ?
Hihi…Bermacam-macam juga. Tergantung vaeritas dan ukurannya. Jenis Jordan, hanya sekitar 70rb saja untuk ukuran kecil (15 - 20 cm). Sedangkan Negronne, Panache, Tenna, dan jenis unggul lainnya ukuran kecil 250rb sampai jutaan rupiah. Tapi tergantung juga yang menjual. Kalau dia baik hati, dia kasihkan saja untuk hadiah dan sedekah.
POHON ZAITUN ditanam di pot.
Pohon Tin dan Zaitun adalah pohon yang diberkahi oleh Allah Azza wa Jalla. Siapapun yang memilikinya, insyaalLah akan diberkahi hidupnya oleh Allah Azza wa Jalla. asalkan selalu beriman dan bertakwa kepadaNya. Baca Menu : SURGA dan PINTU SURGA.
Ayo menanam pohon buah, bermanfaat untuk manusia, hewan dan lingkungan kita, turut mengurangi dampak Global Warming dan menambah oksigen untuk kehidupan. Menanam juga sedekah, semakin banyak yang ditanam dan bermanfaat bagi umat manusia, semakin banyak pahalanya. Gak Percaya ? Coba baca di bawah ini !
Rasulullah bersabda :
”Barangsiapa di antara orang Islam yang menanam tanaman, maka hasil tanamannya yang dimakan akan menjadi sedekahnya dan hasil tanaman yang dicuri akan menjadi sedekah. Dan tidaklah seorangpun mendermakan tanamannya maka akan menjadi sedekahnya sampai hari kiamat.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar